Minggu, 11 Desember 2011

Sumber Ilmu Kita ...

"Tempat belajar terbaik itu bukan di Universitas Terkenal, Tempat Kursus favorit, bahkan Sekolah - sekolah favorit dan bergengsi, namun tempat belajat TERBAIK itu ada dimana - mana, bahkan di rumah kita sendiri. Asalkan kita mau melawan rasa malas, takut dan malu, lalu memberanikan diri mencoba sesuatu yang baru. InsyaAllah semua bermanfaat dan yang paling PENTING ... Allah Ridha atas ilmu yang kita pelajari "


Menilik kata - kata diatas, emang bener sih belajar itu bisa dari siapa saja dan dari mana aja + dimana saja, asalkan kita mau merendahkan ego kita sejenak agar tidak menjadi gengsi untuk bertanya ke orang lain, bahkan mungkin kita bisa belajar dari adik - adik kecil kita di rumah.

Now, aku bakalan nulis tentang sumber - sumber ilmu yang dapat kita pelajari selain yang kita dapet'in di bangku sekolah maupun bangku perkuliahan ...

Check This ....



SUMBER ILMU KITA ...

1. AL - Qur'an
          Kenapa Al- Qur'an fi ?? Well, yang aku tau, Isi Al-Qur'an itu lengkap banget, mulai dari ilmu dunia, ilmu akhirat, ilmu jual beli, dan ilmu-ilmu lain yang kita butuhkan informasinya ada di Al-Qur'an, tinggal bagaimana kita menerapkannya dalam kehidupan sehari - hari.
          Aku gag bisa bahasa arab fi, gimana ?? Nah, kand sekarang Al-Qur'an udah banyak yang bertafsir bahasa indonesia, kita tinggal membaca Al-Qur'an kemudian baca tafsirnya, tapi hati - hati dalam nafsirkan, kalo emang bener - bener bingung, tanyakan pada ahlinya (ustad, Ustazah, ahli kitab, dll). Selain kita bisa mendapatkan ilmu dari Al-Qur'an, kita juga bisa mendapatkan pahala karena kita membacanya, tapi inget, jangan lupa buat di amalkan ya, ilmu yang telah kamu dapatkan dari membaca Al-Qur'an tadi ...
          Aku sibuk fi, jadi gag bisa baca Al-Qur'an, repot juga kalo mau dibawa kemana - mana, secara itu benda suci, jadi gimana donk ?? Well ... sekarang kan zaman udah canggih banget kan, Al-Qur'an'pun sekarang udah banyak yangt digital, bahkan yang Online pun udah banyak banget, jadi gag ada alasan kita gag bisa baca Al-Qur'an cuman gara- gara sering ada kerjaan luar dan sibuk.

Jadiiiii .... Ayo Belajar dari Al-Qur'an  ^,^

2. Hadits-Hadist Rasulullah
            Paan tuch Fi ??? Hadits itu adalah perkataan, perbuatan atau ketetapan dari Rasulullah, Muhammad SAW. Kedudukan hadist ini dibawah Al-Qur'an, jadi gag ada salahnya kita mempelajari Alhadist. Siapa lagi yang bisa menjadi guru utama kita, kalau bukan seseorang yang sudah jelas dideklarasikan Allah Ta'ala sebagai Uswatun Hasanah - alias teladan dan role model ?? oleh karena itu, selain dari tafsir - tafsir Al-Qur'an, kita juga bisa mengambil ilmu dari hadist - hadist ini (hadist yang sahih / benar itu biasanya milik Al - Bukhari dan Muslim, banyak koq di toko - toko buku) ...
             Fi, gag sempet ke toko buku, di rumah juga gag ada, trus gimana ?? Ya, balik lagi ke zaman yang udah cangih kaya' sekarang mah, tinggal buka smartphone, browser, dll kita udah bisa nemu'in hadits - hadits Rasulullah ... nih aku ada link salah satu situs yang berisikan hadits - hadits. (clik this), trus kita subscribe deh, kand bisa disimak terus tiap hari ... :)

So, Ayo Belajar dari Hadits ...

3. Sirah Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa sallam
             Apa lagi ini ??? Artinya, kita mempelajari kehidupan Nabi Muhammad SAW, nah dengan kita mempelajari kehidupan beliau, kita bakalan menjadi semkain mengenal beliau dan InsyaAllah di dalam kehidupan-pun, kita bisa menerapkan cara - cara dari Rasulullah SAW. Rasulullah pernah berkata, " Belum sempurna iman seseorang, sampai dia mencintaiku lebih daripada dirinya sendir", nah Rasulullah aja udah bilang gitu, masih gag percaya ??
              Belajar'nya dari mana fi ?? Hmm ... kalo sumber - sumber pembelajaran tentang Rasulullah, kita bisa dapet'in di toko - toko buku atau gag, kita bisa browsing atau googling via PC / smarthphone, dari pada di pake cuman buat FB'an doank, mending buat nyari - nyari hal - hal yang bermanfaat .. bener gag ?? nih q kasih link yg bisa membantu (Sirah Rasulullah)

Hayu, belajar dari Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa sallam ... :)

4. Sirah Para Sahabat dan Sahabiyah
              Ini siapa sih fi ?? Mereka adalah manusia - manusia terbaik. seperti kata Rasulullah, " Zaman terbaik adalah zamanku, dan manusia-manusia terbaik adalah yang bersamaku di zamanku" ... Nah, gag ada salahnya kan, kalo kita belajar dari para manusia - manusia terbaik itu ?? siapa tau, kita bisa menjadi manusia yang terbaik juga, amiiinnn ya Robb ... :)
              Jangan tanya' gimana mau nyari bahan pembelajarannya, pastinya sama'lah dengan sumber - sumber lainya juga, toko buku, browser, buku di perpus atau buku punya temen :D ... nih Kisah Sahabat

Sok, atuh di pelajari ...

5. Sirah Nabawiyah
            Masa' gag tau sirah Nabawiyah apaan ?? Yupz, bener banget ... Sirah Nabawiyah itu mempelajari kehidupan para Nabi - Nabi Allah ... Kita bisa mendapatkan ilmu - ilmu tentang ketauladanan nabi - nabi Allah, dengan cara mempelajari kehidupannya ... Lumyanlah menambah refrensi bacaan, daripada cuman baca majalah - majalah yang banyak mengandung gosip, yang ujungnya menjadi dosa, gara - gara ghibah ngomongin orang (hehehehe .... padahal yang nulis juga masih sering baca majalah - majalah gitua'an). nih ada refrensinya Sirah Nabawiyah

Jangan lupa di pelajari yaa ... :D

6. Kitab - Kitab Ulama Klasik
              Salah satu kitab ulama klasik yang aku tau itu Riyadus Shalihin, isinya juga bagus banget (menurutku). Banyak kok di toko - toko buku, cari aja buku - buku'nya imam Syafi'i, dll.

7. Belajar dari Sekitar
               Bismillah, mulailah melihat dari dalam kamarmu, kemudian keluar ruangan - ruangan lain di rumahmu, maka kemungkinan besar kamu bakalan menemukan sejumlah sumber ilmu dan keterampilan.
                Ibu ... Adalah tempat kita bertanya tentang berbagai sisi kehidupan, mulai dari pertama kali melafalkan nama Allah, sampai mempelajari cara memasak, hingga cara mengatasi temen yang suka bawel.
                 Ayah ... Adalah sumber Ilmu tentang berbagai sisi kehidupan lainnya, mulai dari cara Shalat yang sempurna, membenarkan jendela yang rusak / macet, memperbaiki barang - barang yang rusak dan lain - lain yang bisa kita pelajari dari beliau.
                 Selain ayah dan ibu, kita juga bisa belajar dari kakak, adik, kakek, nenek, om, tante, bibi, paman, tetangga, bahkan pembantu kita sekalipun, bisa jadi sumber pembelajaran bagi kita, asalkan kita mau merendahka n ego kita untuk bertanya kepada mereka tentang sesuatu yang ingin kita ketahui (ilmu yang bermanfaat) ...


Well, mungkin ini aja yang bisa ku bagikan ke kalian semua, semoga bisa bermanfaat dan bisa di gunakan sebagaimana mestinya ... Eh, iya ada yang lupa ... Internet juga sumber belajar bagi kita, tapi ... Bijak - bijaklah menggunakannya, jangan hanya buat FB'an, Twitter'an, Skype'an, dll, yang tidak terlalu bermanfaat ....

Salam sukses selalau ... ^,^ Yakusa


Nih q ada beberapa link ke Online Shop, bukunya lumayan komplit ..
1. Gema Insani
2. Alhilyah.com
3. qu2buku
4. BukuKita


Sumber :
- Majalah Aulia
- Googling
- Hatiku

2 komentar:

dokunimus mengatakan...

Ilmu itu banyak. Bisa di cari dimana saja.

Fi, kalau punya softcopynya sirah sirah dan kisah nabi aku ngopy boleh. Kapan kapan bawain ya....

Unknown mengatakan...

Yupz ...

Ada sih mas, e book dapet dari internet ... iya, insyaAllah senen q bawa'in ea mas :D ..

Thnks dah mampir